DiksinasiNews.co.id, Albama, USA – Setidaknya empat pemasok utama Hyundai Motor Co dan saudarinya, Kia Corp telah mempekerjakan pekerja anak di pabrik-pabrik Alabama Amerika Serikat (AS), dalam beberapa tahun terakhir.
Melansir dari laporan Reuters, mereka menemukan lembaga negara bagian dan federal sedang menyelidiki apakah anak-anak telah bekerja di sebanyak setengah lusin produsen tambahan di seluruh rantai pasokan pembuat mobil, di negara bagian AS selatan.
Di sebuah pabrik milik Hwashin America Corp, pemasok untuk dua merek mobil di kota Greenville, Alabama selatan, seorang gadis Guatemala berusia 14 tahun bekerja pada Mei, merakit komponen bodi mobil, menurut wawancara dengan ayahnya dan petugas penegak hukum.
Di pabrik milik pembuat suku cadang mobil Korea Ajin Industrial Co, di kota Cusseta, Alabama timur, seorang mantan insinyur produksi mengatakan kepada Reuters bahwa dia bekerja dengan setidaknya 10 anak di bawah umur. Dan enam mantan karyawan Ajin lainnya mengatakan mereka juga bekerja bersama beberapa pekerja di bawah umur.
Dalam dua pernyataan terpisah yang dikirim oleh firma hubungan masyarakat yang sama, Hwashin dan Ajin mengatakan kebijakan mereka melarang mempekerjakan pekerja mana pun di luar usia yang dapat dipekerjakan secara hukum. Dengan menggunakan bahasa yang sama, kedua perusahaan mengatakan bahwa mereka tidak, “sejauh pengetahuan kami,” mempekerjakan pekerja di bawah umur.
Pekerjaan anak-anak di Hwashin dan Ajin belum pernah dilaporkan sebelumnya. Berita tersebut mengikuti laporan Reuters pada bulan Juli yang mengungkapkan penggunaan pekerja anak , salah satunya berusia 12 tahun, oleh SMART Alabama LLC, anak perusahaan Hyundai di kota Luverne, Alabama selatan. Pada bulan Agustus, Departemen Tenaga Kerja AS mengatakan bahwa SL Alabama LLC, pemasok Hyundai lainnya dan unit SL Corp Korea Selatan, mempekerjakan pekerja di bawah umur , termasuk yang berusia 13 tahun, di pabriknya di Alexander City.
Sejak itu, sebanyak 10 pabrik Alabama yang memasok suku cadang ke Hyundai atau Kia telah diselidiki untuk pekerja anak oleh berbagai lembaga penegak hukum atau peraturan negara bagian dan federal, menurut dua orang yang mengetahui penyelidikan tersebut. Investigasi sedang dilakukan di kota-kota kecil dan pos-pos pedesaan di mana banyak pemasok dan perekrut pekerjaan yang mempekerjakan mereka berada. Belum jelas apakah penyelidikan akan mengarah pada tuntutan pidana, denda atau hukuman lainnya, kata kedua orang itu.
Pada 22 Agustus, sebuah tim dari Departemen Tenaga Kerja dan inspektur negara bagian Alabama tiba tanpa pemberitahuan sebelumnya di salah satu pabrik Ajin, menurut orang-orang yang mengetahui operasi tersebut. Ketika tim tiba, para pekerja bergegas keluar dari belakang dan meninggalkan tempat itu sebelum mereka dapat diinterogasi, kata salah satu inspektur dalam pertemuan gugus tugas anti-perdagangan manusia Alabama bulan lalu, menurut dua orang yang hadir. Inspeksi belum pernah dilaporkan sebelumnya.
Seorang juru bicara Departemen Tenaga Kerja, Eric Lucero, mengatakan kepada Reuters bahwa Divisi Upah dan Jam badan tersebut memiliki penyelidikan terbuka terhadap Ajin, tetapi menolak untuk mengonfirmasi apakah penyelidikan itu terkait dengan pekerja anak.
Dalam pernyataannya, Ajin mengatakan “akan bekerja sama sepenuhnya” dengan penyelidikan apa pun oleh regulator dan penegak hukum.
Hyundai, dalam sebuah pernyataan, mengatakan kepada Reuters bahwa pihaknya tidak memaafkan atau mentolerir pelanggaran undang-undang ketenagakerjaan dan mengharuskan pemasok dan mitra bisnis kami dengan ketat mematuhi undang-undang tersebut.
Kia, pada bagiannya, mengatakan mengutuk keras praktik pekerja anak apa pun dan tidak mentolerir praktik tempat kerja yang melanggar hukum atau tidak etis secara internal atau di dalam mitra bisnis dan pemasok.
Hyundai dan Kia, dua pembuat mobil terbesar Korea Selatan, adalah perusahaan sejenis yang dikendalikan oleh induk Hyundai Motor Group. Kedua perusahaan mengatakan kepada Reuters bahwa mereka sedang meninjau praktik perekrutan yang digunakan oleh pemasok mereka.
Penemuan pekerja anak di pabrik tambahan dalam rantai pasokan Hyundai di Amerika dapat memberikan pukulan reputasi baru bagi perusahaan yang pertumbuhan dan popularitasnya yang cepat dalam beberapa tahun terakhir telah menjadikannya pembuat mobil terbesar ketiga dengan penjualan AS. Laporan sebelumnya tentang pekerja anak menarik penegakan hukum dan pengawasan peraturan terhadap kemampuan perusahaan untuk memenuhi standar etika yang dianutnya sendiri dan mematuhi peraturan perburuhan dasar di Amerika Serikat.
Kebijakan hak asasi manusia internal, yang diposting oleh kedua merek secara online, melarang pekerja anak di fasilitas Hyundai dan Kia dan juga di antara pemasok mereka. Undang-undang Alabama dan AS membatasi pekerjaan pabrik untuk orang di bawah usia 16 tahun, dan semua pekerja di bawah 18 tahun dilarang melakukan banyak pekerjaan berbahaya di pabrik mobil, tempat pengepres logam, mesin pemotong, dan forklift yang melaju kencang dapat membahayakan nyawa dan anggota tubuh.
Setelah laporan sebelumnya oleh Reuters tentang pekerja anak di pemasok SMART dan SL, kepala operasi Hyundai, José Muñoz, mengatakan kepada kantor berita bahwa dia memerintahkan departemen pembelian pembuat mobil untuk menghentikan bisnis dengan pemasok yang disebutkan dalam laporan berita “sesegera mungkin.
” Dia juga mengatakan perusahaan akan menyelidiki semua pemasok untuk operasi Hyundai di Alabama. Hyundai, Muñoz menambahkan, akan berusaha untuk mengakhiri penggunaan agen kepegawaian pihak ketiga yang diandalkan oleh banyak pemasoknya untuk memeriksa dan mempekerjakan pekerja,” tulis Reuters.
Hyundai sekarang mundur dari pernyataan Muñoz.
Dalam pernyataannya baru-baru ini kepada Reuters, Hyundai mengatakan telah membatalkan rencananya untuk menghentikan pemasok tempat pekerja di bawah umur bekerja. Dua dari pemasoknya, SMART dan SL, telah mengambil “tindakan korektif” untuk memecat agen kepegawaian yang menurut mereka bermasalah, katanya.
Memperhatikan “peran ekonomi penting” yang dimainkan oleh pembuat suku cadang di banyak kota kecil Alabama, Hyundai menambahkan, “pengawasan tambahan adalah jalan yang lebih baik saat ini daripada memutuskan hubungan dengan pemasok ini.”
Hyundai menolak menyediakan COO Muñoz untuk wawancara lanjutan.
Penggunaan agen kepegawaian pihak ketiga adalah praktik umum di antara produsen dan sektor padat karya lainnya di seluruh Amerika Serikat. Taktik tersebut telah lama dikritik oleh para aktivis buruh karena memberikan pemilik pabrik dan pemberi kerja lain kemampuan untuk mengalihdayakan tanggung jawab atas penyaringan, perekrutan dan kepatuhan terhadap peraturan tenaga kerja mereka.
Pihak berwenang pertama kali mengetahui pekerja anak di antara pemasok otomotif pada awal 2021. Seorang pejabat sekolah di pedesaan Butler County di Alabama mengatakan kepada pejabat negara bagian bahwa beberapa anak – termasuk setidaknya satu gadis imigran berusia sekitar 12 tahun – tampaknya bekerja di Hwashin, pembuat suku cadang. di Greenville. Pabrikan yang membuat bagian tubuh logam di sebuah pabrik seluas empat lapangan sepak bola, kini menjadi pemberi kerja terbesar di kota yang dulu lebih dikenal dengan pertanian kapas.
Setelah tip tersebut, pejabat yang mengetahui masalah tersebut mengatakan kepada Reuters bahwa mereka mulai memeriksa Hwashin. Keterangan rahasia dan pejabat berbicara dengan syarat mereka tidak diidentifikasi dengan nama atau agensi.
Bahkan saat pihak berwenang menyelidiki, seorang migran berusia 14 tahun direkrut ke lantai pabrik di Hwashin. Ayah gadis itu mengatakan dia dan putrinya tiba di Alabama empat tahun sebelumnya, setelah menempuh perjalanan jauh dari Guatemala. Remaja itu terlihat lebih muda dari usianya. Dalam kunjungan ke rumah mereka, sebuah rumah kecil yang ditempati oleh para migran lain di selatan Greenville, Reuters bertemu dengan gadis itu, yang tingginya lebih dari empat kaki, dengan pipi kemerahan dan senyum malu-malu.
Awal tahun ini, sang ayah telah bekerja pekerjaan unggas. Bermasalah dengan pendapatan keluarga yang sedikit dan berharap untuk mengirim uang ke keluarga di Amerika Tengah, gadis, yang tidak bersekolah, bertanya kepada ayahnya apakah dia juga bisa mendapatkan pekerjaan, katanya. Dia setuju.
“Saya berharap saya mengatakan tidak,” katanya.
Pada bulan April, sang ayah beralih ke perekrut berbahasa Spanyol yang secara teratur mencari pekerja. Perekrut, kata sang ayah, bekerja untuk sebuah perusahaan yang dikenalnya sebagai JSS, sebuah nama yang akrab di daerah itu sebagai agen kepegawaian pemasok Hyundai. Reuters tidak dapat menghubungi perekrut.
“Jelas ada anak di bawah umur,” ungkapnya.
Dalam catatan, pihak berwenang menulis anak-anak menggambarkan “eksploitasi dari jeratan utang (membayar utang penyelundupan).” Mereka menambahkan bahwa “perusahaan jasa tenaga kerja pihak ketiga” yang tidak disebutkan namanya membuat para pemuda percaya bahwa mereka dapat dikeluarkan dari Amerika Serikat.
“Beberapa anak menyatakan takut dideportasi berdasarkan komentar yang dibuat oleh pejabat perusahaan kepada mereka,” kata catatan tersebut.