fbpx
Sabtu, Desember 2, 2023
25.8 C
Jakarta
Literasi Narasi Deduksi
Literasi Narasi Deduksi

Sederet Kasus Korupsi 2022 di Jabar, Kajati : Garut, Ciamis, Banjar yang Terbanyak

DiksinasiNews.co.id, BANDUNG – Bicara soal kasus korupsi di Jawa Barat (Jabar), di sepanjang tahun angka kasus korupsi 2022 terbanyak berasal dari wilayah Priangan Timur yang di antaranya Garut, Tasikmalaya dan Banjar.

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Asep Nana Mulyana membenarkan hal tersebut saat menggelar konferensi pers release akhir tahun 2022 di Kantor Kejati Jabar, Jumat (23/12/2022).

“Kasus dugaan tindak pidana korupsi paling marak ditangani (Kejati Jabar) ada di wilayah Garut, Tasikmalaya, Ciamis, dan Banjar,” ujar Kajati.

Asep membeberkan, kasus dugaan korupsi itu umumnya terkait dengan aset daerah yang jumlahnya sebanyak 13 kasus. Ada pula merupakan pengadaan barang dan jasa 12 kasus, serta penyalahgunaan dana APBD dan APBN 12 kasus, dan perkara yang melibatkan BUMN dan BUMD 6 kasus.

Dari hasil penyidikan dan penuntutan yang dilakukan oleh jaksa, ujar dia, total uang negara yang berhasil diselamatkan selama tahun 2022 senilai lebih dari Rp23 miliar.

“Alhamdulillah pada saat penyidikan atau penuntutan telah berhasil menyelamatkan keuangan negara sebesar Rp23.487.287.473,” kata dia.

Selain itu, menurut Asep, pihaknya (bidang tindak pidana khusus) juga berhasil menyelamatkan uang negara dari eksekusi baik berupa denda uang pengganti dan uang rampasan sebanyak Rp17.343.409.981.

Khusus dalam capaian kinerja Bidang Pidana Khusus di Kejati Jabar, tambah dia, pihaknya berhasil menuntut 92 kali terdakwa kasus dugaan tindak pidana korupsi. Pengungkapan kasus korupsi ada 92 kasus namun tidak semuanya ditangani Kejati Jabar.

Dari jumlah penuntutan yang berjumlah 92 kasus, 63 kasus di antaranya merupakan hasil penyelidikan yang dilakukan oleh jaksa sedangkan 29 kasus merupakan limpahan perkara dari kepolisian.

“Penuntutan saat ini sudah 92 perkara, dengan rincian 63 perkara oleh kejaksaan (Kejati Jabar) dan 29 perkara dari penyidik kepolisian,” kata Asep.

Selama tahun 2022 pula, ungkapnya, Kejati Jabar tercatat 2 kali melakukan operasi tangkap tangan (OTT). Kemudian kasus dugaan tindak pidana korupsi yang kini sedang dalam tahapan penyelidikan ada 19 kasus dan tahap penyidikan 70 kasus.

“Bahwa di tahun 2022 ini kita juga sudah lakukan OTT 2 perkara yang pertama di Cikarang dan kedua di Kota Cimahi,” jelas Asep.

Kasus dugaan tindak pidana korupsi sepanjang tahun 2022, kata Kajati, umumnya terkait dengan aset daerah sebanyak 13 kasus, pengadaan barang dan jasa 12 kasus, penyalahgunaan dana APBD dan APBN 12 kasus, dan perkara yang melibatkan BUMN dan BUMD 6 kasus.

(Zaid)

Literasi Narasi Deduksi

Paling Dibaca Minggu Ini

Paling Populer

Paling Dibaca Sepanjang Masa

Berita Terbaru

Panwaslu Kecamatan Cidolog Gondol Prestasi Gemilang di Jabar

Panwaslu Kecamatan Cidolog Sabet Penghargaan Bergengsi di Tingkat Jawa Barat

0
DiksiNasinews.co.id,Ciamis - Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Cidolog menorehkan prestasi gemilang. Mereka, meraih penghargaan tingkat kedua dalam kategori Pengelola Media Sosial (Medsos) Panwascam...
Bawaslu Ciamis Gelar Rakor di Luar Kota, Kata Ketua Sudah Biasa

Bawaslu Ciamis Gelar Rakor di Luar Kota, Ketua: Sudah Biasa, Aktivis: Ini Tidak Layak!

0
DiksiNasinews.co.id, Ciamis - Dalam menghadapi tahapan kampanye Pemilu 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Ciamis telah menetapkan strategi pengawasan yang maksimal. Fokus utama...
SMAN 1 Ciamis Raih Prestasi Gemilang dalam Berbagai Bidang

SMAN 1 Ciamis, Kawah Candradimuka Siswa Pendulang Prestasi Membanggakan Tatar Galuh

0
DiksiNasinews.co.id, Ciamis - Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Ciamis, yang dijuluki sebagai kawah Candradimuka pemuda penerus bangsa di Tatar Galuh, mengukir berbagai prestasi...
Kasus HIV/AIDS di Ciamis Siaga 1, ada ODHA Tenaga Pendidik!

Tingginya Angka Kasus HIV/AIDS di Ciamis, ada ODHA dari Tenaga Pendidik, Bupati: Lakukan Upaya...

0
DiksiNasinews.co.id, Ciamis - Penambahan kasus HIV/AIDS di Kabupaten Ciamis masih menjadi perhatian serius, dengan jumlah Orang dengan HIV/AIDS (ODA) mencapai lebih dari 800 orang,...
Bantuan Insentif Tahun 2023 akan Dibagikan Untuk Guru non PNS

Kabar Gembira! Guru Non PNS Se Indonesia di Berbagai Tingkatan Akan Terima Bantuan Insentif...

0
DiksiNasinews.co.id, Jakarta - Sejumlah 67 ribu guru non PNS, melibatkan jenjang pendidikan dari PAUD hingga SMA, akan mendapatkan dorongan positif dari pemerintah berupa bantuan...
Literasi Narasi Deduksi
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!
Literasi Narasi Deduksi
- Advertisement -spot_img
error: Alert: hubungi admin ya kawan!!