fbpx
Kamis, November 30, 2023
27.7 C
Jakarta
Literasi Narasi Deduksi
Literasi Narasi Deduksi

Sidang Dugaan Kecurangan KPU Berbuntut Panjang, Pelapor Mendapat Intimidasi

DiksiNasinews.co.id,Ciamis – Buntut pelaporan dugaan kecurangan Komisi Pemilihan Umum (KPU ) oleh Indra Permana (26), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menggelar sidang yang disiarkan secara langsung melalui kanal youtube resminya. Selasa (07/02/2023).

Bawaslu menjadwalkan sidang lanjutan terkait pelaporan tersebut dengan agenda pembacaan jawaban dari pihak terlapor dalam hal ini KPU pada Kamis (09/02/2023).

Sidang yang sejatinya menghadirkan kedua belah pihak antara pelapor dan terlapor digelar di ruang sidang tempat pembacaan laporan sebelumnya. Nampak hadir pihak terlapor dari KPU yang sedianya membacakan pembelaan menanggapi laporan pada sidang sebelumnya.

Sedangkan Indra selaku pihak pelapor tidak terlihat menghadiri gelaran sidang, sehingga Bawaslu menyatakan mengundur proses tersebut dan menjadwalkan akan menggelar sidang lanjutan pada  Jumat (10/02/2023).

Indra menjelaskan jika dirinya merasa trauma karena mendapat intimidasi dari pihak yang merasa dirugikan atas laporan yang dibuatnya tempo hari. Indra melanjutkan jika dirinya mendapat intimidasi pada Rabu sore sekira pukul 17.00 (08/02/2023).

Lebih lanjut Indra menjelaskan jika orang tersebut mengancam dirinya apabila tidak segera mencabut laporan tersebut.

Indra Permana mendapatkan intimidasi buntut laporannya ke Bawaslu atas dugaan kecurangan KPU dalam menggelar penjaringan PPS.
Indra Permana mendapatkan intimidasi buntut laporannya ke Bawaslu atas dugaan kecurangan KPU dalam menggelar penjaringan PPS.

Indra mengatakan jika dirinya mendapat perlakuan tidak menyenangkan menyusul nada ancaman yang keluar langsung dari IM (50) karena merasa tidak senang anaknya tercantum dalam laporan Indra ke pihak Bawaslu.

“Mun maneh teu nyabut laporan ka Bawaslu, urusan na panjang jeung urang (Kalau kamu tidak cabut laporan ke Bawaslu, maka urusan dengan saya akan panjang -red),” ujar Indra menirukan ancaman dari IM.

Namun demikian Indra menyatakan jika dirinya tetap akan megikuti sidang yang sudah dijadwal ulang, meskipun mendapat intimidasi dari IM.

“Insya Alloh besok saya akan hadir, sidang pertama saya datang sendiri, sidang besok saya akan didampingi teman-teman sebagai antisipiasi terjadi hal tidak diinginkan kepada diri saya,” kata Indra, Kamis (09/02/2023)

Indra menjelaskan, pelaku intimidasi IN (50) merupakan warga dusun Caruy Desa Sukajadi Kecamatan Sadananya. IM tak lain merupakan orang tua SN peserta seleksi anggota PPS yang tercantum dalam laporan Indra ke Bawaslu.

Indra menduga jika SN tidak mengikuti ujian CAT di SMKN 1 Ciamis pada 9 Januari 2023 lalu.

Seharusnya SN ikut ujian di SMKN 1 berbarengan dengan peserta lain dari Sadananya sesuai jadwal panggilan dari KPU, namun pada saat test berjalan tak nampak batang hidung SN di lokasi ujian. Pun demikian pada pengumuman hasil test CAT yang dibentang di papan SMKN 1 tepat setelah test selesai, tidak tercantum nama SN pada nilai hasil CAT tersebut.

“Saya sempat trauma karena selain mengancam secara verbal agar mencabut laporan, juga ada tindakan fisik,” tegas Indra.

Indra segera melaporkan perbuatan tidak menyenangkan yang dilakukan oleh IM ke Polres Ciamis.

Laporan Pengaduan Polres Ciamis terkait pebuatan kurang menyenangkan yang diderita Indra Permana
Laporan Pengaduan Polres Ciamis terkait pebuatan kurang menyenangkan yang diderita Indra Permana

Indra menyatakan meskipun sebelumnya sempat trauma dan menyebabkan dirinya tak menghadiri sidang buntut dari perlakuan IM, namun dirinya akan tetap menghadiri sidang lanjutan yang sudah dijadwal ulang oleh Bawaslu pada  Jumat (10/02/2023).

Sebelumnya Indra Permana membacakan pengaduannya dalam Sidang Pertama di hadapan Majelis Hakim Pemeriksa yang menegaskan dugaan KPU melakukan pelanggaran dengan meloloskan peserta atas nama SN yang tidak mengikuti  tahapan tes Computer Assisted Test  (CAT) pada Senin 9 Januari  di Kampus SMKN 1 Ciamis namun yang bersangkutan dipanggil untuk wawancara sebagai tahapan selanjutnya.

Menurutnya, hasil tes CAT di kampus SMKN 1 Ciamis pada 9 Januari 2023 untuk peserta dari Desa Sukajadi tercantum 11 orang tidak tercantum atas nama SN, namun dalam web resminya KPU mengumumkan peserta dari Desa Sukajadi sebanyak 12 orang dengan mencantumkan nama SN.

Literasi Narasi Deduksi

Paling Dibaca Minggu Ini

Paling Populer

Paling Dibaca Sepanjang Masa

Berita Terbaru

Bawaslu Ciamis Gelar Rakor di Luar Kota, Kata Ketua Sudah Biasa

Bawaslu Ciamis Gelar Rakor di Luar Kota, Ketua: Sudah Biasa, Aktivis: Ini Tidak Layak!

0
DiksiNasinews.co.id, Ciamis - Dalam menghadapi tahapan kampanye Pemilu 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Ciamis telah menetapkan strategi pengawasan yang maksimal. Fokus utama...
SMAN 1 Ciamis Raih Prestasi Gemilang dalam Berbagai Bidang

SMAN 1 Ciamis, Kawah Candradimuka Siswa Pendulang Prestasi Membanggakan Tatar Galuh

0
DiksiNasinews.co.id, Ciamis - Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Ciamis, yang dijuluki sebagai kawah Candradimuka pemuda penerus bangsa di Tatar Galuh, mengukir berbagai prestasi...
Kasus HIV/AIDS di Ciamis Siaga 1, ada ODHA Tenaga Pendidik!

Tingginya Angka Kasus HIV/AIDS di Ciamis, ada ODHA dari Tenaga Pendidik, Bupati: Lakukan Upaya...

0
DiksiNasinews.co.id, Ciamis - Penambahan kasus HIV/AIDS di Kabupaten Ciamis masih menjadi perhatian serius, dengan jumlah Orang dengan HIV/AIDS (ODA) mencapai lebih dari 800 orang,...
Bantuan Insentif Tahun 2023 akan Dibagikan Untuk Guru non PNS

Kabar Gembira! Guru Non PNS Se Indonesia di Berbagai Tingkatan Akan Terima Bantuan Insentif...

0
DiksiNasinews.co.id, Jakarta - Sejumlah 67 ribu guru non PNS, melibatkan jenjang pendidikan dari PAUD hingga SMA, akan mendapatkan dorongan positif dari pemerintah berupa bantuan...
20 SD Terbaik Ciamis Mendapat Akreditasi BANSM Kemendikbud

20 SD Terbaik di Ciamis, Jawa Barat Mendapat Akreditasi BANSM Kemendikbud 2023

0
DiksiNasinews.co.id, CIAMIS - Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) Kemendikbud merilis data terbaru tentang 20 Sekolah Dasar (SD) terbaik di Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat....
Literasi Narasi Deduksi
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!
Literasi Narasi Deduksi
- Advertisement -spot_img
error: Alert: hubungi admin ya kawan!!